Visi dan Misi  SMP Negeri 3 Petang

A. Visi SMA Negeri 3 Petang

Terwujudnya Warga Sekolah yang Cerdas, terampil, Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana
 

B. Misi SMP Negeri 3 Petang

Misi SMP Negeri 3 Petang ditetapkan sebagai representasi dari elemen  visi SMP Negeri 3 Petang dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMP Negeri 3 Petang tersebut  yaitu “Terwujudnya Warga Sekolah yang Cerdas, terampil, Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana. Tujuh misi SMP Negeri 3 Petang adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan pengembangan diri.
  3. Meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomonikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreatif dan inovatif sesuai karakteristik keterampilan abad 21
  4. Melaksanakan kegiatan pembiasaan literasi membaca dan menulis, serta berkomunikasi melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran di kelas serta pengembangan diri di sekolah
  5. Mengimplementasikan nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di kelas, pembiasaan, serta pengembangan diri untuk mendukung terwujudnya profil Pelajar Pancasila
  6. Meningkatkan sikap peduli lingkungan warga sekolah pada kegiatan pembelajaran, pengembangan diri dan pembiasaan dengan melakukan pola hidup bersih, sehat, aman, tertib, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif
  7. Meningkatkan peran serta Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam mengembangkan program yang berdampak positif bagi murid.


C. Tujuan SMP Negeri 3 Petang

Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 3 Petang sebagai  bentuk untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Terlaksananya proses pembelajaran dan bimbingan secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Meningkatnya kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan pengembangan diri yang dibuktikan dengan perolehan prestasi/penghargaan di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  3. Meningkatnya ketrampilan siswa dalam berkomonikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreatif dan inovatif sesuai karakteristik keterampilan abad 21
  4. Terlaksananya kegiatan pembiasaan literasi membaca dan menulis, serta berkomunikasi melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran di kelas serta pengembangan diri di sekolah.
  5. Terwujudnya nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di kelas, pembiasaan, serta pengembangan diri untuk mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
  6. Meningkatnya peran serta Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam mengembangkan program yang berdampak positif bagi murid