Visi dan Misi SMP Negeri 3 Petang
A. Visi SMA Negeri 3 Petang
Terwujudnya Warga Sekolah yang Cerdas, terampil, Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana
B. Misi SMP Negeri 3 Petang
Misi SMP Negeri 3 Petang ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SMP Negeri 3 Petang dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMP Negeri 3 Petang tersebut yaitu “Terwujudnya Warga Sekolah yang Cerdas, terampil, Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana”. Tujuh misi SMP Negeri 3 Petang adalah sebagai berikut :
- Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan pengembangan diri.
- Meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomonikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreatif dan inovatif sesuai karakteristik keterampilan abad 21
- Melaksanakan kegiatan pembiasaan literasi membaca dan menulis, serta berkomunikasi melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran di kelas serta pengembangan diri di sekolah
- Mengimplementasikan nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di kelas, pembiasaan, serta pengembangan diri untuk mendukung terwujudnya profil Pelajar Pancasila
- Meningkatkan sikap peduli lingkungan warga sekolah pada kegiatan pembelajaran, pengembangan diri dan pembiasaan dengan melakukan pola hidup bersih, sehat, aman, tertib, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif
- Meningkatkan peran serta Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam mengembangkan program yang berdampak positif bagi murid.
C. Tujuan SMP Negeri 3 Petang
Tujuan yang ingin dicapai SMP Negeri 3 Petang sebagai bentuk untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Terlaksananya proses pembelajaran dan bimbingan secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran.
- Meningkatnya kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan pengembangan diri yang dibuktikan dengan perolehan prestasi/penghargaan di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
- Meningkatnya ketrampilan siswa dalam berkomonikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreatif dan inovatif sesuai karakteristik keterampilan abad 21
- Terlaksananya kegiatan pembiasaan literasi membaca dan menulis, serta berkomunikasi melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran di kelas serta pengembangan diri di sekolah.
- Terwujudnya nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di kelas, pembiasaan, serta pengembangan diri untuk mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
- Meningkatnya peran serta Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam mengembangkan program yang berdampak positif bagi murid